nama tab

nempel

PROFIL
Saudara-saudaraku adalah mereka yang belum pernah melihatku tetapi mereka beriman denganku dan mereka mencintai aku melebihi anak dan orang tua mereka. Mereka itu adalah saudara-saudaraku dan mereka bersama denganku. Beruntunglah mereka yang melihatku dan beriman kepadaku dan beruntung juga mereka yang beriman kepadaku sedangkan mereka tidak pernah melihatku.” 
(HR. Muslim)
twitterfacebookScribdMy 4Sharedwindows livegoogle pluslinkedinrss feedemail
.........................................................................................................................................................................
Ayat Ayat PILIHAN                :
"Katakanlah: 'Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam, tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yang diperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah).'" (QS. al-An'am: 162-163) "Hai orang-orang yang beriman, jagalah dirimu. Tiadalah orang yang sesat itu akan memberi mudharat kepadamu apabila kamu telah mendapat petunjuk," (QS. al-Maidah: 105) "Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah-lah yang memberi rezekinya. " (QS. Hud: 6) "Dan di langit terdapat (sebab-sebab) rezekimu dan terdapat (pula) apa yang dijanjikan kepadamu. " (QS. adz-Dzariat: 22) "Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar, dan beriman kepada Allah." (QS. Ali 'Imran: 110) "Karena itu, hendaklah orang-orang yang menukar kehidupan dunia dengan kehidupan akhirat berperang di jalan Allah. Barangsiapa yang berperang di jalan Allah, lalu gugur atau memperoleh kemenangan, maka kelak akan Kami berikan kepadanya pahala yang besar. Mengapa kamu tidak mau berperang dijalan Allah dan (membela) orang-orang yang lemah baik laki-laki, wanita-wanita maupun anak-anak yang semuanya berdoa: 'Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami dari negeri ini yang lalim penduduknya dan berilah kami pelindung dari sisi-Mu, dan berilah kami penolong dari sisi-Mu. " (QS. an-Nisa': 74-75) "Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang di jalan Allah, lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil, dan Al-Qur'an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah?, maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar." (QS. at-Taubah: 111) "Ya Tuhan kami, terimalah dari kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Tuhan Kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduh patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadat haji hami, dan terimalah tobat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Menerima taubat lagi Maha Penyayang. " (QS. al-Baqarah: 127-128) "Sesungguhnya Kami mengetahui bahwasannya apa yang mereka katakan itu menyedihkan hatimu, (janganlah hamu bersedih hati), karena mereka sebenarnya bukan mendustakan kamu, akan tetapi orang-orang yang lalim itu mengingkari ayat-ayat Allah." (QS. al-An'am: 33)
.........................................................................................................................................................................
tiada yang kekal
semua hanya sesaat
hari ini kujumpai dan esoknya sudah tiada
hari ini gembira dan dikemudian kita sedih
singkat
dan tak memiliki ujung
namun kita masih tetap angkuh dengan keinginan kita
fatamorgana
.........................................................................................................................................................................
 Ya Allah, kepada-Mulah aku berserah diri, kepada-Mulah aku beriman, kepada-Mulah aku bertawakal, kepada-Mu pula aku kembali (bertobat), dan dengan nama-Mu aku membela. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung dengan keperkasaan-Mu, tidak ada tuhan yang berhak untuk diibadahi dengan benar kecuali Engkau, agar Engkau tidak menyesatkan diriku. Engkaulah Maha hidup yang tidak akan pernah mati, sedangkan jin dan manusia semuanya akan mati. (HR. Muslim, Ahmad, dan Ibn Hibban)
.........................................................................................................................................................................
www.flickr.com
Ini adalah lencana Flickr yang menampilkan foto dan video publik dankers51. Buat lencana Anda di sini.
.........................................................................................................................................................................
  • dipasarkan layangan beragam bentuk dan jenis, harga? Insya Allah bersahabat
  • Beragam referensi dan coretan kecil. Semoga bermanfaat

Wednesday, March 6, 2019

GILA HORMAT


- GILA HORMAT & RUNTUHNYA UKHUWAH -
Semua orang pasti ingin dihormati atau setidaknya diuwongke. Saat memiliki posisi atau pangkat lebih tinggi, kemudian diperlakukan semena-mena atau disepelekan oleh orang yang pangkatnya lebih rendah,  semua orang pasti merasa kecewa dan sedih. Penghormatan yang diberikan seseorang, memang acapkali sangat tergantung pada jabatan atau kekuasaan yang dimiliki. Ketika kekuasaan tak lagi di tangan, saat jabatan sudah melayang, banyak orang berpaling, dan tak lagi merasa perlu merasa hormat.
 
Mengapa tradisi atau kecenderungan semacam itu, demikian kental terasa di negeri kita ? Hal ini terjadi, karena jabatan atau kekuasaan acapkali dijadikan sebagai power, untuk menjalankan kebijakannya. Kebijakan yang lebih dominan didasari oleh power, hampir selalu mengabaikan nurani dan terjerumus pada sikap semena-mena.
Alhasil promosi dan rekrutmen yang dilakukan lebih didasari kepentingan (vested interested), serta pertimbangan like or dislike. Akibatnya bermunculanlah pejabat berpangkat ‘nagabonar’ serta penunjukan pejabat tidak sesuai dengan kompetensinya.
Jabatan dan kekuasaan memang selalu menawarkan kemewahan. Sebab, dengan jabatan di tangan, seseorang bisa dengan mudah ‘mengutak-atik’ struktur pejabat di bawahnya, sekaligus menebar keresahan, yang membuat para bawahan merasa perlu, untuk selalu rajin ‘setor muka’ dan ‘angkat telor’.
Me-manage sebuah institusi atau pemerintahan dengan pola manajemen konflik, selanjutnya akan melahirkan ekses, tumbuh suburnya sikap saling curiga, antara atasan dengan bawahan, bahkan antara sesama bawahan. Sikap curiga memang diperlukan untuk memperkuat sikap mawas diri.
Namun, sikap yang selalu mencurigai siapa dan apa pun, dapat dipastikan akan berdampak buruk bagi sebuah perusahaan/ institusi. Sebab, hal itu akan menyebabkan semakin menguatnya suasana kurang kondusif, yang bermuara pada menurunnya vitalitas kerja. Karena itu, diingatkan bagi semua kalangan yang tengah berada di sentra kekuasaan atau tengah memiliki jabatan strategis, hendaknya tidak lupa diri.
Tidak sepatutnya, jabatan yang disandang membuatnya terninabobokkan serta kehilangan jatidirinya sebagai makhluk sosial (homo socius), yang seharusnya tidak boleh teralienasi dari komunitas yang telah membesarkannya selama ini. Jabatan jangan sampai membuat Anda berumah di angin dan kehilangan sense of humour.
Seseorang yang (hanya) dihormati karena jabatannya, berarti yang bersangkutan tidak mampu menjadikan jabatannya itu sebagai washilah (jalan) untuk memberi kesejukan dan kedamaian bagi bawahannya dan orang-orang di sekitarnya.
Jabatan mestinya benar-benar dimanfaatkan untuk lebih banyak menabur kebajikan, sehingga ketika lengser dari jabatan tersebut, tetap dihormati dan dikenang sebagai seorang pemimpin yang arif wicaksono dan selalu berpihak pada rakyat. (https://mikekono.wordpress.com/2010/04/14/penghormatan-karena-jabatan/)
Socrates pernah mengatakan: "METHYSMENO TIS TIMIS EINAI MIA KOUVERTA TIS PEISMATARIS" (Gila hormat itu adalah selimut bagi orang yang hatinya seperti batu). Apa yg dikatakan Socrates telah menjadi fakta sosial. Banyak orang kini mabuk kehormatan, dan dijangkiti virus "gengsi", yg pada umumnya mereka sulit menerima masukan, nasihat, lebih-lebih kritikan. Yang diharapkannya hanyalah "sanjungan" dan "pujian". 
Jika ungkapan tadi mengatakan "gila hormat" adalah selimutnya orang yg hatinya seperti batu, ini memang tak dapat dipungkiri, karena orang yg berhati keras, yg egosentris-nya sangat kuat, selalu memandang sesuatu berpusat pada dirinya sendiri, jika tidak sesuai dengan apa yg ia pikirkan, ia menolaknya secara tidak bersahabat dan tanpa ada toleransi sedikitpun.
Sejauh itukah anda memiliki "rasa gengsi" dan "mabuk kehormatan", sehingga harga diri anda hanya dinilai dari faktor ini?
Rasulullah bersabda, “Barang siapa merasa senang orang-orang berdiri untuk menyambutnya, hendaklah dia menempati tempat duduknya di neraka.” HR. Tirmidzi
“Maukah kalian kuberitahu siapa penghuni neraka?” tanya Rasulullah. Para sahabat menjawab, “Ya.” Rasulullah saw. bersabda, “Yaitu setiap orang yang kasar, angkuh, dan sombong.” (Bukhari, hadits 4537, dan Muslim, hadits nomor 5092)
“Sembahlah Allah dan janganlah kamu mem-persekutukan-Nya dengan sesuatupun; dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri”   (Q.S. An-Nisaa’: 36)
 “Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguh-nya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung.” (Q.S.Al-Israa’: 37)
 “Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesung-guhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (Q.S. Luqman: 18)
Rasulullah SAW bersabda :
“Siapa saja yang di dalam hatinya ada sifat sombong, walaupun hanya sebesar dzarrah (sebesar biji atom), maka ia tidak akan masuk surga.”(Riwayat Imam Muslim dan Bukhari  dari Abdullah bin Mas’ud r.a.)

No comments:

Post a Comment

berikan komentar anda